BAHASA Bahasa Indonesia Sentra Edukasi
GEOGRAFI Geografi Sentra Edukasi
SEJARAH Sejarah Sentra Edukasi
FISIKA Fisika Sentra Edukasi
KIMIA Kimia Sentra Edukasi
MATEMATIKA Matematika Sentra Edukasi

Definisi, Bentuk & Menggambar Piramida Penduduk

(X)

Assalamualaikum, kali ini sentra edukasi akan membahas piramida penduduk. ada beberapa sub bab yang akan kita bahas mengenai piramida penduduk ini. yang pertama adalah Definisi piramida penduduk, kemudian tentang bentuk bentuk dari piramida penduduk kemudian bagaimana cara menggambarnya. Selamat belajar dan semoga bermanfaat.

Definisi Piramida Penduduk


Piramida penduduk adalah grafik mendatar yang disusun berdasarkan komposisi penduduk menurut umur dan jenis kelamin. Piramida penduduk dapat mencerminkan apakah negara (wilayah) tersebut mempunyai ciri penduduk tua atau muda. Penduduk tua berarti sebagaian besar penduduk tersebut berada pada kelompok usia tua, penduduk muda berarti sebagian besar penduduknya berada pada kelompok usia muda. Selanjutnya dapat dilihat pada tabel berikut tentang kriteria penggolongan penduduk berdasarkan komposisi umurnya.

Kriteria Penffolongan Penduduk Berdasarkan Komposisi Umur

Bentuk Piramida Penduduk


Bentuk Bentuk Model Piramida Penduduk


Dalam demografi dikenal lima tipe atau model piramida penduduk, yaitu:

Tipe 1. Piramida penduduk model ini mempunyai dasar lebar dan slope tidak terlalu curam atau datar. Bentuk semacam ini terdapat pada wilayah dengan tingkat kelahiran dan kematian sangat tinggi, sebelum diadakan pengendalian terhadap kelahiran dan kematian. Umur median rendah dan angka beban tanggungan tinggi.

Contoh:
Piramida penduduk India tahun 1951.
Piramida penduduk Indonesia tahun 1971.

Tipe 2. Dibandingkan dengan tipe 1, dasar piramida model 2 ini lebih lebar dan slope lebih curam sesudah kelompok umur 0-4 tahun sampai ke puncak piramida. Terdapat di negara dengan permulaan pertumbuhan penduduk yang tinggi atau cepat akibat adanya penurunan tingkat kematian bayi dan anak-anak, tetapi belum ada penurunan tingkat fertilitas. Umur median sangat rendah dan angka beban tanggungan tertinggi di dunia.

Contoh: Sri Lanka, Meksiko, Peru, dan Brasil era 1980-an.

Tipe 3. Bentuk piramida ini dikenal dengan bentuk sarang tawon kuno (old fashioned beehive). Terdapat di negara-negara dengan tingkat kelahiran dan kematian yang rendah. Umur median sangat tinggi, dengan angka beban tanggungan sangat rendah terutama pada kelompok umur tua.
Contoh: negara-negara Eropa Barat.

Tipe 4. Piramida penduduk dengan bentuk lonceng atau genta (the bellshaped pyramid). Bentuk ini dicapai oleh negara-negara yang paling sedikit sudah 100 tahun mengalami penurunan tingkat kelahiran dan kematian. Umur median cenderung menurun dan angka beban tanggungan meninggi.

Contoh: Piramida penduduk Amerika Serikat dan Kanada.

Tipe 5. Terdapat pada negara-negara yang tingkat kelahiran dan kematiannya mengalami penurunan secara drastis. Penurunan tingkat kelahiran yang terus-menerus akan menyebabkan berkurangnya jumlah absolut penduduk.

Contoh: Jepang, Prancis, dan Inggris.

Cara Menggambar Piramida Penduduk


a) Sumbu vertikal untuk agihan (penyebaran) umur.
b) Sumbu horizontal untuk jumlah penduduk, dapat absolut maupun persentase.
c) Dasar piramida dimulai untuk kelompok umur muda (0-4) tahun, makin ke atas untuk umur yang lebih tua.
d) Puncak piramida untuk kelompok umur tua sering dibuat dengan sistem open end interval, misalkan untuk umur 75, 76, 77, 78, dan seterusnya cukup ditulis 75+.
e) Bagian sebelah kiri untuk penduduk laki-laki dan bagian sebelah kanan untuk penduduk perempuan.
f) Besarnya balok diagram untuk masing-masing kelompok umur harus sama dan panjangnya proporsional berdasarkan besaran data.

Tiga Ciri Umum Penduduk


Berdasarkan komposisi umur dan jenis kelamin maka karakteristik penduduk dari suatu negara dapat dibedakan atas tiga ciri, sebagai berikut.

a) Ekspansif, yaitu sebagian besar penduduk berada dalam kelompok umur termuda. Contoh Indonesia.
b) Konstruktif, yaitu sebagian kecil penduduk berada dalam kelompok umur muda. Contoh Amerika Serikat.
c) Stasioner, yaitu banyaknya penduduk dalam tiap kelompok umur hampir sama banyaknya, dan mengecil pada kelompok usia tua kecuali pada kelompok umur tertentu. Contoh Swedia.

Selanjutnya lihat gambar berikut.

Tipe Piramida Penduduk


Demikian artikel "Definisi, Bentuk & Menggambar Piramida Penduduk" ini saya susun, artikel ini saya ambil dari ( BSE ) Geografi Kelas XI.

TAHUKAH ANDA, BUKU BSE DAPAT DIMILIKI SIAPA SAJA SECARA GRATIS TANPA MELANGGAR HUKUM ? SEGERA KLIK DISINI UNTUK DOWNLOAD BUKU BUKU BSE LEWAT ARSIP KAMI


Semoga Apa yang beliau tulis dapat dicerna oleh teman teman semua ^_^. 
Pesan yang hendak disampaikan sentra-edukasi.com adalah "Mari kita gunakan BSE!, Siapa bilang BSE tidak bermutu ^_^, Mari kita mudahkan pencarian informasi untuk pendidikan!!!" Definisi, Bentuk & Menggambar Piramida Penduduk - END

test

{ 0 Komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Test