BAHASA Bahasa Indonesia Sentra Edukasi
GEOGRAFI Geografi Sentra Edukasi
SEJARAH Sejarah Sentra Edukasi
FISIKA Fisika Sentra Edukasi
KIMIA Kimia Sentra Edukasi
MATEMATIKA Matematika Sentra Edukasi

Definisi, Pengertian & Contoh Majas Pleonasme

(X)

Pengertian Definisi & Contoh Majas Pleonasme - Apa itu majas Pleonasme? apa pengertiannya dan apa saja contoh majas Pleonasme itu? tanpa terasa kita sebagai masyarakat indonesia telah menggunakan majas dalam kehidupan sehari hari tak luput adalah majas Pleonasme yang akan kita bahas ini.dalam bahasan kali ini disertai pula contoh dari majas pleonasme.

Definisi Pegertian & Contoh Majas Pleonasme

Dalam menulis artikel tentang Definisi Pegertian & Contoh Majas Pleonasme ini saya mendapat 4 buah referensi yang akan saya tuangkan disini.

Referensi yang pertama menyebutkan pengertian dari Majas pleonasme ini adalah majas yang mempergunakan kata-kata lebih banyak daripada yang diperlukan. adapun Contoh contoh Majas Pleonasme dari sumber yang pertama adalah sebagai berikut:
a. Saya telah mendengar hal itu dengan telinga saya sendiri.
b. Saya melihat kejadian itu dengan mata kepala saya sendiri.
 ( Definisi Pegertian & Contoh Majas pleonasme # 1  ; Sumber : BS - E Bahasa dan Sastra Indonesia Untuk SMA/MA Kelas X, karangan Sri Utami, Sugiarti, Suroto, Alexander Sosa )

Referensi yang kedua meyebutkan definisi & pengertian dari majas pleonasme sebagai Majas yang menambahkan keterangan pada pernyataan yang sudah jelas atau menambahkan keterangan yang sebenarnya tidak diperlukan.. adapun contoh contoh majas Pleonasme dari sumber yang kedua ialah :
a. Tidak ada.
 ( Definisi Pegertian & Contoh Majas pleonasme # 2  ; Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Majas )


Sumber yang ketiga memberi pengertian bahwa Pleonasme adalah penggunaan kata yang mubazir yang sebesarnya tidak perlu. Contoh majas Pleonasme: 
a.Capek mulut saya berbicara.
( Definisi Pegertian & Contoh Majas pleonasme # 3  ; Sumber : http://endonesa.wordpress.com/lentera-sastra/majas/ ) 

Referensi Yang terahir berbunyi " Pleonasm is the use of extra words to explain the meaning or to get across an idea. " Yang kurang lebih memiliki arti sebagai berikut " Pleonasme adalah penggunaan kata yang berlebih guna memaparkan sebuah ide atau keadaan " ( Definisi Pegertian & Contoh Majas Pleonasme # 4 ) ( http://literaryzone.com/?p=239 )


Demikian artikel ini saya susun, semoga definisi Pegertian dan Contoh contoh majas Pleonasme ini dapat berguna bagi saudara saudara semua ^_^


TAHUKAH ANDA, BUKU BSE DAPAT DIMILIKI SIAPA SAJA SECARA GRATIS TANPA MELANGGAR HUKUM ?
SEGERA KLIK DISINI UNTUK DOWNLOAD BUKU BUKU BSE LEWAT ARSIP KAMI

test

{ 5 Komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Test