BAHASA Bahasa Indonesia Sentra Edukasi
GEOGRAFI Geografi Sentra Edukasi
SEJARAH Sejarah Sentra Edukasi
FISIKA Fisika Sentra Edukasi
KIMIA Kimia Sentra Edukasi
MATEMATIKA Matematika Sentra Edukasi

Materi B.Indo : Unsur Intrinsik & Ekstrinsik Pada Bacaan dan Teks

(X)

Unsur Intrinsik & Ekstrinsik Sebuah Paragraf - Unsur-unsur Sastra dalam Teks, begitulah judul dari sebuah Sub materi ebook BS - E kita kali ini. Langsung saja kita Cuplik Bahasan kita kali ini.

Ketika Anda di sekolah menengah pertama, Anda telah mempelajari unsur intrinsik dan ekstrinsik yang ada dalam sebuah karya sastra, baik cerpen maupun novel. Sekarang, Anda akan mengidentifikasi unsur sastra (intrinsik dan ekstrinsik) yang ada dalam cerita (nonsastra).

Perhatikan kutipan teks berikut ini!
... .
Di Yogyakarta, komunitas Etnoreflika juga cukup menjadi perbincangan. Garapan filmnya agak lain, berupa video partisipatory sehingga mirip film dokumenter. Mereka mengangkat tema semisal kehidupan anak-anak jalanan atau kelompok sosial tertentu. Sejak terbentuk tahun 2000, sekelompok mahasiswa Jurusan Antropologi UGM ini sudah memproduksi 22 film pendek.Komunitas film inside biasanya terbentuk dari keseragaman minat dan keinginan, bisa oleh sekumpulan anak nongkrong, teman sekolah, teman kuliah, atau teman diskusi. Di Malang, Jawa Timur, komunitas Kine Klub Universitas Muhammadiyah Malang yang terbentuk tahun 1999 sampai sekarang bahkan masih “ndompleng” universitas, menjadi sebuah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).
... . (Kompas, Minggu, 20 Agustus 2006)

Setelah Anda memperhatikan teks di atas, coba Anda identifikasi unsur intrinsik dan ekstrinsik yang ada dalam teks tersebut! Unsur intrinsik meliputi tokoh, latar, alur, dan amanat. Unsur ekstrinsik meliputi sosiologi pengarang, psikologi pengarang, budaya, dan lain-lain.

Unsur intrinsik teks di atas adalah sebagai berikut:

Tokoh : komunitas Etnoreflika, komunitas film inside
Latar : Yogyakarta, Malang
Alur : Alur maju
Amanat : Kegiatan dalam komunitas film inside merupakan kegiatan yang positif buat anak muda dan patut untuk dicontoh.

Unsur ekstrinsik teks di atas adalah sebagai berikut:

Penulis teks di atas adalah Susi Ivvaty dan Agung Setyahadi. Sosiologi dan psikologi penulis sangat berpengaruh pada teks di atas. Secara psikologis, kedua penulis merasa tertarik untuk menuangkan ide cerita tentang gairah berfilm dalam komunitas indie.

Semoga Cuplikan Dari Buku BS - E ini dapat membuat anda paham tentang unsur intrinsik dan ekstrinsik  dalam sebuah karya tulis bacaan dan sastra....

test

{ 8 Komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Test