BAHASA Bahasa Indonesia Sentra Edukasi
GEOGRAFI Geografi Sentra Edukasi
SEJARAH Sejarah Sentra Edukasi
FISIKA Fisika Sentra Edukasi
KIMIA Kimia Sentra Edukasi
MATEMATIKA Matematika Sentra Edukasi

Materi Telkom : Dasar Sistem Telekomunikasi

(X)

Definisi Telekomunikasi - Setelah sekian lama tidak memposting apa apa ahirnya kesampaian juga untuk saya menulis sesuatu ( Sibuk Ngurusi Himatektro Computer Course 2009 ). Apa yang akan kita bahas kali ini? kali ini saya akan memposting materi baru yaitu seri telekomunikasi dan rangkaian listrik dasar, tetapi telekomunikasi duluan ya... ( materi SMA juga akan menyusul). Langsung saja.

Definisi Dasar Telekomunikasi
Telekomunikasi berasal dari kata Tele dan komun. Tele yang berarti Jauh dan komun yang berarti hubungan atau pertukaran informasi, berarti Telekomunikasi adalah peristiwa pertukaran informasi ( komunikasi ) dalam jarak yang jauh. Lalu apakah Sistem Telekomunikasi itu? adalah suatu kesatuan yang terdiri dari bagian bagian yang yang lebih kecil yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu yaitu pertukaran informasi. Alat Telekomunikasi ? adalah setiap alat perlengkapan yang digunakan dalam bertelekomunikasi. Lalu, bagaimana dengan  Perangkat Telekomunikasi Itu? adalah sekelompok alat telekomunikasi yang memungkinkan bertelekomunikasi.

Definisi Telekomunikasi Menurut RR, Rec.G.701-ITU-T
Adalah any transmission, emission, or reception of signs, signal, writings, images and sound or intelligence of  any nature by wire, radio, optical or other electromagnetic Systems

Definisi Telekomunikasi Menurut Undang-Undang ( UU No.36 Th1999 Tentang Telekomunikasi )
Setiap pemancaran, pengiriman, dan atau penerimaan dari setiap informasi dalam bentuk tanda tanda, isyarat, tulisan, gambar, suara, dan bunyi melalui kawat, optik, radio, atau sistem elektromagnetik lainnya.

Model Sistem Komunikasi Listrik Dasar

Yup, model komunikasi apapun yang kita jumpai sampai saat ini pasti memenuhi kaedah / Skema diatas yaitu Dimulai dari Pemancar lalu Media Transmisi dan Penerima. Mengenai penjelasan yang terperinci dari masing masing bagian tersebut akan dijelaskan kemudian.
Bentuk Operasional Sistem Komunikasi Listrik

* Telegraph ( Telegraf )
Merupakan Bentuk Telekomunikasi untuk transmisi dalam bentuk tulisan dengan menggunakan kode sinyal.


* Telephony ( Telephone )
Merupakan bentuk telekomunikasi untuk transmisi dalam bentuk pembicaraan, yang kebanyakan merupakan 2 arah .
 
* Televisi
Merupakan bentuk telekomunikasi untuk transmisi gambar diam atau gambar bergerak.



Semoga Bermanfaat ya... ^^

test

{ 5 Komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Test