BAHASA Bahasa Indonesia Sentra Edukasi
GEOGRAFI Geografi Sentra Edukasi
SEJARAH Sejarah Sentra Edukasi
FISIKA Fisika Sentra Edukasi
KIMIA Kimia Sentra Edukasi
MATEMATIKA Matematika Sentra Edukasi

Materi Elektro : Osiloskop Digital [ Osiloskop Part 3 ]

(X)

Osiloskop Digital - Setelak sekian lama Osiloskop series saya pending ahirnya saya berkesempatan menulis tentang cara kerja osiloskop digital setelah sebelumnya menulis cara kerja osiloskop analog dan Cara Menggambar Kurva Lissajous semoga artikel tentang osiloskop digital ini membantu teman teman semua.

Prakata Mengenai Osiloskop Digital
Dalam pemahaman kita mengenai osiloskop analog yang lalu, disitu dipaparkan bahwa gelombang yang akan dibaca langsung diberikan  ke rangkaian vertikal sehingga proses pembacaan yang kita lakukan bersifat realtime. Hal yang seperti itu tidak berlaku pada osiloskop digital. Osiloskop digital menggunakan konsep Penyamplingan dan Pendigitalisasian.

Cara Kerja Osiloskop Digital
Setelah sinyal masukan di sampling ( diambil nilainya dengan dicuplik secara berkala ), data data tersebut lalu di digitalkan dan kemudian disimpan bersama skala waktu gelombangnya di dalam memori. Pada prinsipnya osiloskop digital hanya menyuplik dan menyimpan demikian banyak nilai kemudian berhenti. Proses ini diulangi terus sampai osiloskop dimatikan.

Cara Penyamplingan Data Osiloskop Digital
Osiloskop digital atau yang biasa disebut dengan Digital Sampling Oscilloscope ( DSO ) mempunyai dua cara untuk menyampling gelombang masukannya, yaitu dengan metode Real Time Sampling dan Equivalent Time Sampling

Definisi Real Time Sampling Osiloskop Digital
Dalam metode real time sampling, digitizer pada osiloskop digital akan mengisi data ke dalam memori dalam satu event dari sinyal yang bersangkutan dan menggunakan sekumpulan data tersebut untuk menampilkan gelombangnya

Waktu waktu diantara cuplikan cuplikan dalam memori yang digunakan untuk menciptakan kembali peragaan gelombangnya dikatakan merupakan real time di antara cuplikan - cuplikannya saat dibutuhkan, Oleh sebab itu real time sampling dapat digunakan untuk sinyal sinyal yang sifatnya berulang atau bentuk tunggal, tetapi metode real time sampling ini tidak akan didapatkan suatu peragaan bentuk gelombang yang serupa dengan yang ada pada osiloskop analog, kecuali sinyalnya berupa sinus biasa atau gelombang segi empat.

Definisi Equivalent Time Sampling Osiloskop Digital
Equivalent time sampling merupakan metode yang digunakan osiloskop digital untuk mengambil data dari gelombang yang bersifat repetitif berfrekuensi tinggi. Equivalent time sampling memberikan suatu resolusi waktu equivalent ( Horizontal ) bagi suatu digitizer yang bekerja pada kecepatan yang jauh lebih tinggi. Ia bekerja dengan mengambil cuplikan - cuplikan melalui beberapa kejadian dari sinyalnya sampai semua memori terisi.

Contoh, sebuah osiloskop digital dengan kemampuan  penampakan 50 sampel tiap div ( horizontal ) - nya yang bekerja pada suatu dasar waktu ( Time Base ) 5 nano detik / div, waktu diantara setiap cuplikan adalah 5 / 50 nano detik atau 100 piko detik. ini akan setara dengan suatu kecepatan real time sampling 10 giga sampel per detik.


Akan berlanjut ke edisi berikutnya ya.... ^^
[ Di ambil dari STT Telkom ]

test

{ 1 Komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Test