BAHASA Bahasa Indonesia Sentra Edukasi
GEOGRAFI Geografi Sentra Edukasi
SEJARAH Sejarah Sentra Edukasi
FISIKA Fisika Sentra Edukasi
KIMIA Kimia Sentra Edukasi
MATEMATIKA Matematika Sentra Edukasi

Materi Elektro : Definisi Satuan

(X)

Definisi Satuan - Apa itu satuan? Satuan adalah suatu standard nilai untuk mendefinisikan sesuatu agar terdapat perbedaan antara satu dengan yang lain.

Tahukah kamu, asal dari mengapa 1 meter itu ya sepanjang 1 meter?? Siapa yang menentukan semua itu?? Pada Tahun 1700 para ilmuan menentukan berdasarkan kesepakatan bahwa 1 meter ialah 1/10 juta kali jarak dari equator ke kutub bumi. definisi yang khayal memang.. Oleh karena itu Pada tahun 1960 Para ilmuan mendefinisikan ulang pengertian 1 meter menjadi 1.650.763,73 dikali panjang gelombang radiasi garis ungu krypton 86. ( Planetnya superman bukan sih? )


( Lampu Krypton 86 )


Lalu bagaimana dengan 1 Kilogram?? ada yang tahu apa definisi yang mendasari bahwa massa 1 killogram itu ya sebesar 1 killogram??. Definisi 1 killogram adalah massa 1000cc air murni pada temperatur 4'C

Bagaimana dengan 1 second / 1 detik ???. Definisi / pengertian 1 detik adalah 1/86.400 dikali waktu rotasi bumi tehadap matahari. Mengapa harus dibagi 86.400?? tanyalah pada rumput yang bergoyang...

Satuan Turunan
Nah lebih lanjut, ada pula satuan yang dapat kita beri nama satuan turunan, apa itu satuan turunan?? definisi / pengertian satuan turunan adalah satuan yang dihasilkan dari hasil pengoperasian satuan satuan dasar ( meter, secon, dsb ).

Sebagai contoh adalah Satuan Gaya ( Newton ), 1 Newton diperoleh dari mengalikan nilai satuan massa dan percepatan ( m x a ), yang massa sendiri memiliki satuan killogram ( Kg ) sedangkan percepatan memiliki satuan meter per secon kuadrat ( m / s'' ). Ketika dikalikan seharusnya Satuan gaya memiliki satuan Kg x m / s '', tetapi untuk mempermudah proses kedepannya maka satuan tersebut disingkat menjadi Newton dengan simbol ( N ). Nah, newton tadi itulah yang disebut satuan turunan.

Satuan Faktor Pengali
Satuan faktor pengali digunakan untuk menghemat penulisan angka, semisal sebuah resistor memiliki  hambatan sebesar 1.000.000.000.000.000 Ohm, akan sangat lama menulisnya di sebuah kertas oleh karna itu hambatan tadi dapat disingkat menggunakan faktor pengali menjadi 1000 x 10^12 Ohm atau 1000 Terra ohm. Tabel perpangkatan dapat dilihat dibawah ini : ( Gimana ya cara buat tabel ?? )

Nama--------------Simbol----------------Faktor Pengali
Terra ---------------( T )--------------------( 10^12 )
Giga ----------------( G )--------------------( 10^9 )
Mega ---------------( M )-------------------( 10^6 )
Killo ----------------( K )--------------------( 10^3 )
Hecto ---------------( h )--------------------( 10^2 )
decca ---------------( da )-------------------( 10 )
deci -----------------( d )--------------------( 10^-1 )
Centi ----------------( c )--------------------( 10^-2 )
milli -----------------( m )--------------------( 10^-3 )
micro --------------( miu )--------------------( 10^-6 )
Nano ---------------( n )---------------------( 10^-9 )
pico ----------------( p )---------------------( 10^-12 )
femto ---------------( f )---------------------( 10^-15 )
atto -----------------( a )--------------------( 10^-16 )



Semoga Bermanfaat ^^

test

{ 4 Komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Test