BAHASA Bahasa Indonesia Sentra Edukasi
GEOGRAFI Geografi Sentra Edukasi
SEJARAH Sejarah Sentra Edukasi
FISIKA Fisika Sentra Edukasi
KIMIA Kimia Sentra Edukasi
MATEMATIKA Matematika Sentra Edukasi

Eksperimen : Receiver - Penerima Radio AM Sederhana

(X)


Simple AM Receiver - Wahh.... apa lagi yang kamu tulis yan??? ya, hari ini kita akan membahas bagaimana cara membuat Receiver / penerima radio AM sederhana. Sebenarnya ini adalah alat yang saya buat saat masa masa Final Project Praktikum Pengantar Sistem Telekomunikasi dan kebetulan gambar gambarnya dapat diperoleh dengan lengkap dari Sci-Toys.com.

Apa bahan bahan dalam membuat Receiver / Penerima Radio AM ini ???
1. Botol plastik yang kokoh. ukurannya bebas sih... tapi untuk proyek  kemarin saya menggunakan botol sisa jus Apel Sunfresh yang memiliki diameter kurang lebih 7,5 Cm. saran saya usahakan lebih besar dari itu agar frekuensi yang tertangkap lebih bervariasi.
2. 1 roll Kabel tembaga yang terlapisi dengan imel. Kalo bingung ngomong apa sama penjualnya bilang aja " Mas, kabel buat lilitan yang ada imelnya  ", dijamin ngerti orangnya. Buat apa menggunakan kabel yang berlapis imel?? Simple, supaya lilitan tidak short. Jika ditanya berapa diameter kabelnya gunakan saja diameter yang sudah saya uji yaitu 0,8 mm. Oh iya i hal lagi, di Indonesia biasanya imel akan berwarna Kuning tua keemasan, jadi jangan bingung mencari kabel berwarna hijau seperti pada gambar.
3. 1 dioda jenis germanium. Tipe yang dianjurkan adalah 1N34A tetapi saya kemarin muter muter di pasar genteng sulit sekali ketemunya, saran saya bila tetap tidak ketemu bisa mencoba tipe 1N60A [ Klik disini untuk Datasheetnya ] Sama fungsinya, sudah saya coba dan dapat berfungsi dengan baik. Di toko apa saya membelinya?? "Toko Mahameru" ( Pasar Genteng, Surabaya ).
4. Sebuah speaker berimpedansi tinggi. Dalam proyek kali ini kita menggunakan speaker yang ada pada gagang telpon, kalo anda tidak mau mengorbankan telpon anda, beli saja speaker yang selaputnya dari plastik warna bening bukan speaker2 biasa yang selaputnya dari kertas warba hitam yang hambatan dalamnya  [ Impedansi ] hanya 8 Ohm saja.
5. Beberapa kabel yang telah terpasang capit buaya. Kita banyak menggunakan ini karena kita ingin proyek kali ini bebas solder menyolder.
6. Antenna. Kita bisa menggunakan apapun untuk menjadi antena pokoknya besi yang panjang atau kabel telanjangpun bisa digunakan menjadi antena. Tetapi saya sarankan memakai antena TV Luar.


-------------------- Part1. Lilitan Penerima AM ( Receiver ) --------------------

Buatlah botol anda tampak seperti gambar dibawah ini!!!



Lubangi sebanyak 2 masing masing di bagian bawah dan atas botol, tidak usah terlalu bagus karena ini hanya  digunakan sebagai tempat untuk mengikat kabel lilitan yang tadi telah Anda beli.



Masukkan kabel lilitan kita dan keluarkan agak panjang dari lubang yang satunya kira kira 15 cm, jika terasa masih agak longgar ulangi loop satu lagi sampai kabel lilitan tidak bisa bergerak lagi. ( Sebenarnya ini tidak terlalu penting, pokoknya buat sedemikian rupa agar lilitan tidak bergeser saat dibuat nanti. )



Sekarang ambil bagian dari lilitan yang panjang dan lilitkan pada badan botol. Setiap 5 lilitan buatlah satu loop kecil, agar mudah selipkan saja pensil dililitan. ulangi terus sampai menyentuh bagian bawah dari botol.



Sudah tampak seperti pada gambar??? kalo sudah, jangan lupa untuk mengikat ujung ahir lilitan pada 2 lubang di bawah botol agar lilitan tidak kendur... lalu potong kabel pada ujung ahir dengan panjang yang sama dengan kabel yang menjulur pada sisi atas botol yaitu sekitar 15 Cm.



Jika sudah KUPASLAH IMEL yang menempel pada kedua ujung kabel yang 15 cm yang tadi dan pada loop loop kecil yang kita buat tadi, sehingga kabel tembaga yang asli terlihat.

Siapkan juga gagang telpon anda, potong kabelnya dan cari kabel warna merah dan putih.


-------------------- Part 2. Rangkaian AM receiver ( Penerima ) --------------------



Jangan Bingung melihat gambar diatas!!! lilitkan dioda yang anda beli di  kabel lilitan yang  15 Cm pada bagian bawah botol dengan kepala dioda yang hitam ke arah negatif speaker ( Kabel warna putih pada speaker ). Hubungkan juga kabel 15 Cm yang diatas botol dengan positif Speaker ( Kabel Merah ) lalu capitkan sebuah kabel capit buaya ( Capit Hijau pada gambar ) pada perhubungan tadi dan capitkan bagian capit yang satu lagi pada kabel buaya yang sama ke Grounding yang bagus ( Tanah atau Tubuh anda sendiri ).

Jangan lupa untuk mencapitkan 1 Buah kabel buaya lagi ke salah satu loop pada lilitan (  Capit Warna kuning ),  dan capitkan ujung yang satunya lagi ke Antenna TV.


------------------- Part 3. Testing --------------------

Jika semua komponen terhubung dengan benar maka saat kabel terhubung ke antenna dan Grounding yang di dapat bagus seharusnya kita sudah dapat mendengar siaran radio.

Cobalah untuk mengganti loop yang tercapitkan dengan loop sebelahnya, maka kita seharusnya akan dapat mendengar siaran radio dari frekuensi yang berbeda.

Semoga Bermanfaat ^_^)
Jika Ada yang ingin ditanyakan silahkan di comment  ya.....

test

{ 8 Komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Test