BAHASA Bahasa Indonesia Sentra Edukasi
GEOGRAFI Geografi Sentra Edukasi
SEJARAH Sejarah Sentra Edukasi
FISIKA Fisika Sentra Edukasi
KIMIA Kimia Sentra Edukasi
MATEMATIKA Matematika Sentra Edukasi

Materi Elektro : Cara Kerja Osiloskop [ Osiloskop Part 1 ]

(X)

Osiloskop - Materi kali ini akan membahas mengenai osilokop atau yang  kalo di bahasa inggriskan =  Osciloscope ^^. Seperti apa osiloskop dan bagaimana cara kerjanya?? mari kita bahas bersama. Mohon maaf kepada teman teman semua kalau saya sudah lama buangets g posting apa apa, Mohon maaf bro [ ada Ujian Ahir Semester dan proyek Final Project Praktikum Pengantar Sistem Telekomunikasi ] . Langsung ke materi aja, bagi yang udah g sabar bisa langsung ke ahir halaman dan langsung di download slidenya [ Mungkin terdapat ketidaksamaan antara slide dan preview disini, dikarenakan preview saya ketik manual dan mendapat penambahan apabila saya rasa perlu. ] .

* Definisi Osiloskop [ Oscilloscope Definition ]

Adalah sebuah alat untuk pengukuran dan analisa bentuk gelombang dan gejala lain dalam rangkaian rangkaian elektronik

* Cara Kerja / Skema Osiloskop Analog [ Analog Osciloscope Schematics ]

Skema Osiloskop Analog


> Saat kita mengkoneksikan probe ke sebuah rangkaian, Sinyal tegangan mengalir dari probe menuju ke pengaturan vertikal dari sebuah sistem osiloskop [ Vertical System ] ( Lihat Skema ), Sebuah Attenuator akan melemahkan sinyal tegangan masukan sedangkan Amplifier akan menguatkan sinyal tegangan masukan. Pengaturan ini ditentukan oleh  kita saat menggerakkan kenop "Volt/Div" pada user interface Osiloskop.

> Tegangan yang keluar dari sistem vertikal lalu diteruskan menuju Pelat Defleksi vertikal pada sebuah CRT [ Catode Ray Tube, Akan dijelaskan nanti ] , sinyal tegangan yang dimasukkan ke pelat ini nantinya akan digunakan oleh CRT untuk menggerakkan Berkas2 elektron SECARA BIDANG VERTIKAL SAJA ( Ke atas atau ke bawah )

> Sampai Point ini dapat kita simpulkan bahwa Vertical System pada osiloskop analog ada untuk mengatur penampakan Amplitudo dari sinyal yang diamati.

> Lalu Sinyal masuk ke dalam Pelat defleksi vertikal. Sinyal tegangan yang teraplikasikan disini menyebabkan berkas berkas elektron Bergerak. Tegangan positif mengakibatkan berkas elektron bergerak keatas, sedangkan tegangan negatif menyebabkan elektron terdorong kebawah

> Sinyal Yang keluar dari Vertikal Sytem tadi juga diarahkan ke Trigger System untuk memicu sweep generator dalam menciptakan apa yang disebut dengan "Horizontal Sweep" [ pergerakan elektron secara sweep -- Nyapu kiri kanan kiri gitu deh ^^ -- dalam dimensi horizontal, atau dengan kata lain adalah sebuah ungkapan untuk aksi yang menyebabkan elektron untuk bergerak menyebrangi layar dalam suatu interval  waktu tertentu, nah pergerakan yang super cepat dari elektron yang dapat mencapai 500,000 kali per detik inilah yang menyebabkan elektron tampak seperti garis pada layar ( Seperti kipas pada kipas angin yang tampak seperti lingkaran saja saat berputar ) ]

> Pengaturan berapa kali elektron bergerak menyebrangi layar inilah yang dapat kita anggap sebagai pengaturan Periode / Frekuensi yang tampak pada layar, bentuk konkretnya adalah saat kita menggerakkan kenop Time/Div pada Osiloskop.

> Bersama, pengaturan bidang vertikal dan horizontal ahirnya dapat merepresentasikan sinyal tegangan yang diamati kedalam bentuk grafik yang kita kenal sampai saat ini.

Penampakan Sinyal Osiloskop

Berdasarkan Hasil evaluasi, pembaca tampaknya lebih senang dengan artikel yang dibahas secara tuntas dan terperinci, berhubung saya lumayan mengusai materi yang satu ini.. maka saya memutuskan untuk memecah materi ini menjadi 3 bagian. [ Next Part masih dalam Proses Penulisan ]

Saya menyertakan juga link-link yang menurut saya bermanfaat dalam pembelajaran Mengenai Osiloskop ini:

Web Page - Simulasi Osiloskop 1 [ Macromedia Shockwave Engine] ( Plugin Bisa dicari di google )
Web Page - Simulasi Osiloskop 2 [ Java Engine ] ( Plugin Bisa dicari di google )
Web Page - Simulasi Grafik Lissajous [ Java Engine ] ( Plugin Bisa dicari di google )
Web Page - Petunjuk Penggunaan Osiloskop [ Halaman Biasa ]

Tak Lupa Link untuk slidenya :

Download Via 4Shared - Osiloskop ( PDF & PPT ) ( 3,7 MB ) ( Indo )

Semoga Bermanfaat ^_^)
[ Diadaptasi dari elektronika-elektronika.blogspot.com ]

test

{ 5 Komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Test