BAHASA Bahasa Indonesia Sentra Edukasi
GEOGRAFI Geografi Sentra Edukasi
SEJARAH Sejarah Sentra Edukasi
FISIKA Fisika Sentra Edukasi
KIMIA Kimia Sentra Edukasi
MATEMATIKA Matematika Sentra Edukasi

Materi Elektro : Amperemeter, Voltmeter, Ohmmeter

(X)

Pengukuran Besaran Listik - Jam berapa nih?? asiknya ngepost artikel jam 3 pagi.. He3x.. Yak.. sampai juga dalam seri kedua dari pengukuran besaran listrik Series... slide kali ini agak besar kawan.. karena bercerita tentang 3 tema sekaligus yaitu, Penggunaan Amperemeter, Voltmeter, dan Ohmmeter .

Mood ku beberapa hari ini agak jatuh... jadi maaf ya kalau slidenya terlambat kaluar..  ( ada masalah di hati ^_^ )...

Langsung saja ke preview deh..

* Penggunaan AmpereMeter ( Definisi )
Adalah Suatu alat untuk mengukur arus dari suatu rangkaian, dalam kondisi ideal tahanan dalam ampere meter adalah sangat rendah..... ( Gambar ilustrasi )

* Rangkaian Dasar AmpereMeter
Gerakan dasar Sebuah Amperemeter DC adalah galvanometer PMMC. Karena gulungan kumparan sebuah gerakan dasar adalah kecil dan ringan, dia hanya dapat mengalirkan arus yang kecil.

Bila arus yang dialirkan atau diukur melebihi dari besarnya arus batas ukur maka hal ini akan mengakibatkan rusaknya amperemeter tersebut. jadi, bila yang dikur adalah arus yang besar maka arus tersebut perlu dialirkan ke sebuah tahanan paralel ( shunt )

* Memperbesar Batas Ukur / Range AmpereMeter
( Gambar dan Contoh soal )

* Multi Range Ammeter dan Shunt Ayrton
Batas ukur sebuah Amperemeter DC masih dapat diperbesar dengan sejumlah tahanan shunt ( paralel ) yang dipilih melalui sebuah range switch ( Disertai Gambar Amperemeter Multirange dan Gambar Shunt Universal  / Shunt Ayrton )

* Hal hal Yang Harus Diperhatikan
Jangan Menghubungkan Amperemeter ke sumber tegangan.......

* Penggunaan Voltmeter ( Definisi )
Untuk mengukur tegangan dari sebuah terminal atau ujung dari suatu rangkaian dapat digunakan Voltmeter yang paralel terhadap beban / rangkaian yang hendak diketahui tegangan nya. Tahanan dalam voltmeter yang ideal adalah sangat tinggi. ( Disertai pula dengan Gambar )

* Tahanan Pengali Voltmeter
Penambahan multiplier mengubah gerakan d'arsonval menjadi sebuah Voltmeter DC ( Disertai Gambar ).

* Multirange Voltmeter
Definisi, gambar dan contoh soal.

* Memperbesar Range Voltmeter
Gambar dan Contoh soal

* Sensitivitas Voltmeter
Adalah sebuah nilai ohm / volt yang merupakan kebalikan dari defleksi skala penuh alat ukur

* Loading effect / Efek Pembebanan
Loading effect Adalah suatu peristiwa kesalahan pembacaan tegangan pada sebuah rangkaian oleh voltmeter yang diakibatkan oleh lebih kecilnya ( atau samanya ) tahanan dalam Volmeter terhadap tahanan rangkaian terukur, yang mengakibatkan tahanan resultan menjadi mendekati tahanan dari voltmeter akibat terparalel , dalam artian tahanan yang diukur menjadi lebih kecil dari yang seharusnya sehingga tegangan yang terbaca menjadi lebih kecil dari yang seharusnya. ( Disertai Gambar dan contoh soal / studi kasus ).

* Hal hal Yang Perlu Diperhatikan
Perhatikan Polaritas!! arah yang terbalik mengakibatkan defleksi jarum yang berbalik arah pula sehingga bisa merusak alat ukur........

* Penggunaan Ohmmeter ( Definisi )
Adalah sebuah mekanisme gerak d'arsonval yang dihubungkan seri dengan sebuah tahanan dan batere ke sepasang terminal untuk hubungan ke tahanan yang tidak diketahui

* Berbagai Macam Rangkaian Ohmmeter dan Rumusnya
( Gambar, contoh soal dan rumus dapat dilihat di slide )

* Memperbesar Kemampuan Voltmeter Arus bolak balik
Karena Impedansi dari Voltmeter mengandung besaran induktansi L, maka didalam pengukurannya sangat tergantung sekali pada frekuensi yang digunakan, Dengan demikian........ ( Gambar dan contoh soal dapat dilihat pada slide ).

Mau download slidenya???? Here you go!!!........

Download Via 4 Shared - Penggunaan Voltmeter, Amperemeter, Ohmmeter ( PPT / PDF ) ( 6.68 MB ) ( Indo )

Semoga Bermanfaat.

test

{ 5 Komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Test